Sunday, August 17, 2008

between cHance, cHoice, and sacrifice

Pulang kantor kemaren, di lampu merah, ada anak kecil laki2 yang ngamen. Ga jelas juga lagunya apa. Kasih duit 500 rupiah. Dia ngeliatin tuh duit, trus ngeliat gw, dengan tatapan bermakna “hari gini ngasih lima ratus??!” gw jadi inget cerita oom gw beberapa taun lalu, pas dia lagi makan bakso gitu, pas lagi ada pengamen juga. Ma oom gw dkasih duit seratus. Eh dibuang dong. Di lempar gt.. waduh.. waduh.. gw jadi curiga, gw bakal di lempar juga. Ternyata nggak. Ya sudahlah, kalo kata doraemon, di jaman milenium begini kau masih mengandalkan arti tatapan mata dalam mengartikan sesuatu?yang benar saja dong…

Gw juga jadi inget, di salah satu billboard di palembang ada himbauan dari pemerintah gitu, supaya kita jangan sembarangan ngasih duit ke pengemis, pengamen dan sebangsanya. Karena behave masyarakat yang sangat “murah hati” inilah makanya tiap tahun jumlah angka orang-orang jalanan makin bertambah, dan ini juga sekaligus sama aja ngasih pupuk ke sifat pemalas mereka dalam melakukan usaha yang selayaknya. Cie.. begitulah kata pemerintah.


Cuma yah, untuk beberapa kategori masyarakat, misalnya bagi mereka yang berpendidikan rendah dan diikuti dengan tingkat ekonomi yang juga rendah, dunia ini memang nampak menjadi tempat yang sangat amat tidak ramah bakan cenderung kejam. Dengan lahan kerja yang terbatas banget, boro2 mereka, yang berpendidikan cukup juga masih kelimpungan nyari cara untuk bisa survive. Yah ga bisa dipukul rata juga bahwa mereka -orang jalanan- adalah korban nasib, hidup di negara berkembang, dengan biaya hidup yang ga tanggung-tanggung. Soalnya setau gw ada juga satu program dari pemerintah yang ngumpulin mereka-mereka ini, untuk dipekerjakan. Atau dikasih keterampilan, biar nantinya bisa lebih berdaya guna, ga lagi jadi beban masyarakat dan pemerintah. Tapi sebagian dari mereka malah kabur, dan milih untuk balik ke jalanan, yang katanya sih sebagai cara gampang untuk dapetin uang. Modal tangan tengadah dan tampang memelas doang. Kalo dah gini, berarti emang mental manusia nya aja yang males. Well.. well.. look who’s talking… ayi sondakh anggota DPR. Hahahahaha


Yah siapapun pasti tau, sangat gampang buat ngomonginnya daripada ngejalaninnya. Gw ga tau gimana sebenernya yang dijalanin sama orang-orang jalanan itu. gw juga ga tau apa persisnya yang dihadapin sama pemerintah kita. jadi karena gw ga tau, gw ga mau sembarangan ngomong, yang buntutnya jadi tuduhan-tuduhan ga jelas. Gw Cuma kepikiran aja.. tentang mereka, orang jalanan.. dan orang-orang lain.. yang harus babak belur ngejalanin kehidupannya and comparing it to mine. Toh takdir emang ga bisa dirubah.. tapi nasib bisa, dan sepenuhnya ada di tangan kita. (makin lama makin sok tau) (meski ada juga temen gw yang bilang bahwa nasib adalah ngelesnya manusia terhadap takdir Tuhan yang ga sesuai dengan kemauannya.. “yah.. namanya juga nasib..”)


Gw dah pernah ngebicarain tentang hal ini sebelumnya.. tentang life is full with choiches. Tapi gimana kalo ternyata hidup ga ngasih pilihan yang kita inginin?terlepas soal baik atau tidak baik yah. Tapi cukup lah dulu tentang yang kita inginkan atau bukan. kadang hidup kan emang ga kaya swalayan serba ada. Tapi hidup adalah di mana kita harus ngambil hal-hal yang tersedia atau tidak sama sekali. We have to deal with it. Kita harus ngambil satu pilihan yang ga kita inginkan. Yang mungkin bahkan ga terpikirkan sama sekali. Balik lagi misalnya kaya orang-orang jalanan tadi. Emang sebenernya mereka mau kehidupan kaya gitu?pasti nggak kan. ga ada juga yang mau mm.. misalnya harus mengidap satu penyakit yang ga biasa. Ga biasa di sini dalam arti bukan batuk, flu, puyeng, bokek atau apalah ya.. orang mengalami kesulitan supaya paham apa artinya kemudahan. Tapi ga ada yang mau terus-terusan berada dalam jalinan kesulitan sampe kemudahan ga sempat ngambil alih. Kata orang, pilihan itu berawal dari satu kesempatan yang datang terlebih dahulu. Tapi gimana kalo kesempatan itu lamaaaa … banget datengnya?atau lewat terlalu cepat?atau transparan ga terlihat? bahkan beberapa orang ga mengenal kesempatan. Karena kesempatan emang ga pernah datang.


Ada satu daerah di pinggiran sungai siak pekanbaru, penduduknya Cuma bisa nikmatin fasilitas listrik dari jam 5 sore s.d. jam 7 pagi. Serius gw. Nonton tivi ga kemaren?halah lupa namanya euy.. adalah satu daerah di pulau jawa gitu. kepala dusunnya bilang gini “.. yah alhamdulillah, sejak saya jadi kepala daerah sini.. mulai ada perkembangan kapan listrik bisa masuk ke sini. Tuh mulai ada tiang-tiangnya..” … …… GUBRAK!! Baru tiang doang dooonggg… jadi ada satu daerah di sana, di mana kalo mmm siapa yah.. hayo pilih siapa ajalah yang lagi nge top bgt di Indonesia sini dateng ke sana (boro2 yang luar negeri deh..) agnes monica?indra brugman?glenn fredly?nudyasari?halah.. pokoknya penduduk situ ga bakal ngeh.mereka ga nonton tipi. mereka ga perlu ac. Mereka ga harus nyetrika (beruntung bgt dahh..)


Sekarang kebayang ga sih, berapa banyak kesempatan dan pilihan yang kita dapet kalo dibanding orang-orang tadi?tapi banyak juga dari kita yang ga peduli gimana manfaatin kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Ga semuanya. Gw bilang, banyak dari kita. gw ngerti kok yang namanya beda orang, beda kondisi, beda kesulitan. Liat para milyuner?siapa bilang mereka ga punya kesulitan?anak-anak kecil?siapa bilang mereka ga punya kesulitan?makanya jangan sampe kita jadi orang yang suka menggampangkan kesulitan orang laen. Bagi anak kelas dua sd, ngapalin perkalian 1 sampe 10 itu adalah kesulitan yang ga ada akhirnya. Sama sulitnya kaya pemerintah mau mikirin satu kebijakan baru. Believe me. Gw pernah jadi anak kelas 2 sd kok. Semua juga pernah.


Gw ga mau ngomongin orang. Untuk gw sendiri, ada banyak kesempatan yang datang. Banyak pilihan yang muncul. Banyak pilihan yang di ambil. Oh. Pastinya ada juga beberapa kondisi yang seandainya jadi pilihan buat gw, pasti dah gw buang jauh-jauh. Mungkin semua juga pernah gitu. mungkin juga beberapa kali malah kita ga sempet bikin keputusan apa-apa, tapi ngebiarin hidup yang ngambil keputusan itu buat kita. u know, dari SD gw ga pernah ngambil satu keputusan yang bener-bener berarti. Bahkan kuliah?masuk Fikom, it happened accidently. Hehe. Really. Honestly, tadinya gw pengen masuk ke fakultas hukum. Ga tau yah, gw bisa ngebayangin gw pake jubah hitam, pegang palu, pake konde hehehe yah pokoknya tipikal gambaran seorang ibu hakim gitu lah. Cuma dalam PILIHAN umptn, di mana gw dikasih dua kolom pilihan, gw menempatkan Hukum dalam pilihan ke dua. Dan Fikom di pilihan pertama. Karena nyokap ga setuju kalo gw milih sastra. Surprised.. surprised.. dan Kehidupan memilih… (idoL mode : on) . tapi bukannya gw menyesali kenyataan itu lho.. untuk hal ini, kejadian itu ibarat gw milih donat goreng eh di kasih donat J.Co.. yah gitulah perumpaannya.. semoga bisa dimengerti :D


Satu lagi yang mau gw bilang adalah: Ga ada yang gratis di dunia ini. Selalu ada harga yang harus di bayar. Ga mesti dengan uang memang. Tapi juga dengan pengorbanan. Ada orang tua yang ngorbanin waktu dan tenaga, kerja keras tiap hari untuk bisa nyekolahin anak-anaknya dengan layak, biar bisa punya kehidupan yang lebih baik dari yang mereka jalanin. Ada istri yang ngelepasin kesempatan karier demi ngebangun rumah tangga yang ideal bagi dia. Ada anak-anak yang ngorbanin waktu main mereka untuk belajar biar bisa ngebanggain orang tuanya (bukan gw.red). Dan macem-macem contoh laen.


Curhat dikit, kadang gw suka tiba-tiba kepikiran, ngapain sih gw sendirian di sini. Jauh dari keluarga. Dari teman. Dari lingkungan yang gw kenal. Jawabannya, buat kerja. Biar gw jadi orang yang punya manfaat buat orang lain. Meskipun orang lain disini baru sebatas keluarga gw sendiri aja. itu mimpi gw dari dulu kan?jadi orang yang berdaya guna. Gw harus bayar mimpi yang gw dapet ini. Dan menurut gw, bayaran yang gw keluarin ya itu tadi berupa waktu untuk kumpul dengan keluarga dan teman. Banyak hal laen yang juga gw korbanin untuk mimpi gw. Berapa banyak nikahan temen yang ga bisa gw hadirin?berapa banyak ulang tahun keluarga gw yang Cuma bisa gw rayain melalui saluran telepon?berapa lama hari-hari di mana gw sakit, dan harus sendiri?tapi gw insyaallah bisa nerima itu semua. Gw pikir, dan gw yakini bahwa harga yang harus gw bayar itu emang dah worthed.


Now, have u all met the chance to make your dreams comes true?pilihan apa yang dah lo ambil?seberapa besar pengorbanan yang mesti lo lakuin?believe me, selama untuk kebaikan seberapa pun pengorbanan yang kita lakukan, ga akan sia-sia. So, be struggle in life! :D

No comments:

 


Design by: Blogger XML Skins | Distributed by: Blogger Templates