Wednesday, August 27, 2008

i love tHe bLue of Indonesia..




Meneruskan postingan dari temen tentang fakta-fakta ini nih, rekor Indonesia -si zamrud khatulistiwa- di mata dunia..

* Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).


* Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. * Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

* Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. * Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

* Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

* Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850). * Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus" yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

* Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

* Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

* Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002). * Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

* Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

* Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

* Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

* Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 species. * Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

* Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

* Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. * Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter. .
* Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

* Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

* Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Shocking huh? Ember. Gw aja yang dah berulang kali baca postingan di atas selalu aja masih terlongo-longo. Sayangnya, sementara hal-hal ajaib dan luar biasa seperti di atas terjadi di negeri kita ini, kita masiiihhhh aja berkiblat dan terbutakan dengan gemerlapnya luar negeri. Going abroad, cool! Bergengsi! Indonesia? Kampungan. Norak. Ckckck.. rendah banget ya kebanggaan kita dengan negeri sendiri. Liat aja tuh salah satunya, gimana orang sangat mengelu-elukan gaya bicawa cwintwa lauwa.. yang bule abis. Yah monggo neng.. asal ga pake ngences aja ngomongnya.. :D

Bukan maksudnya ga open minded ya. Jadi katak dalam tempurung. Cuma mau tau indonesia aja. Atau bahkan malah jadi pengikut aliran si hittler, yang berlebihan mengartikan nasionalisme nya (hwekekeke ungkapan halusnya gitu tuh..). tp maksud gw jangan juga kita sampe meng under estimate pribadi bangsa sendiri dong (semangat HUT ke 63 RI masih kebawa2.red). indonesia dikata2in seenak jidat. (btw, emang jidat enak yah?) padahal dalam kondisi yang sama sekali ga tau dengan apa yang dia miliki.

Gw sendiri blom banyak tau Indonesia secara keseluruhan sih. Blom pernah nyebrang lebih jauh dari Bali. Pengen ke kalimantan. Sulawesi, juga Papua. Tapi dari beberapa daerah yang pernah gw kunjungin, semua punya kesan tersendiri yang bikin gw ngerasa apa yah.. well apalah ga tau bilangnya gimana.. intinya beruntung bisa jadi bagian dari semua ini..

secara pribadi, gw paling suka ngeliat perbedaan budaya antar satu dengan yang lainnya, yang pada satu kesempatan berbenturan langsung. Misalnya kaya beberapa waktu lalu saat gw tinggal di bandung, dan punya pengurus rumah yang sunda abis, dengan kemampuan berbahasa indonesia di bawah standar. Suatu pagi, dia nanya ke mama itu air yang baru mendidih mau dikemanain. Dijawab sama mama “dituang aja”. Bagi kebanyakan kita kan jelas ya, dituang kemana nih.. dan jawaban yang ga tersampaikan oleh mama adalah ke ember di kamar mandi. Tapi kasiannya si ella (nama si mbak itu), dah keburu pucat.. merasa bakal mengalami kekerasan terhadap PRT. coz did u know, bagi orang sunda kata “tuang” itu diartikan kita mempersilahkan orang terkait untuk minum atau makan. Jadi dengan kata lain, dia pikir mama nyuruh dia minum tuh air mendidih.. ejekeblew.. setelah dijelaskan dengan sabar dan penuh bahasa isyarat, syukurlah kesalahpahaman ini bisa diselesaikan.. huekekeke..

Hmm pernah juga, pas kedatengan tamu (masih orang sunda). Disuguhin teh sama beberapa kue-kue. Trus si papa nyeletuk “ayo pak diguyurin”. Heuh. Si tamu kaget, salah apa dia mau diguyur atau di siram sama teh.. padahal dalam bahasa palembang yah, diguyur itu artinya hmm yah kurang lebih dipersilahkan.. disambi.. mangga silahkan sambil makan minum.. gitu.. hehehh lucu juga sih. Nggak yah? Hehe.. oh yang ga lucu tuh ada. Kmrn pas ke aceh, ada pameran di mesjid. gw dateng ke sana, eh tiba2 disamperin sama polisi mesjidnya. Katanya ga boleh masuk mesjid. (lho kenapa pak?) di mesjid ga boleh pake celana (ih porno!!huh! genit!!) maksudnya harus pake rok!! (hooohhhhhh gitu.. (hik serasa menjadi orang yang tidak bermoral.. huhu)). Jadi aja kunjungan ke aceh di warnai dengan hunting rok.. hehe..

Atau kmrn, pas lagi ngantri di klinik.. diajak ngobrol sama bapak2. “kerja di sini juga?” (iya pak..) “sudah berapa lama?” (3 tahun pak.. ) “sudah menikah?” (ha?oh blom pak..) “usianya berapa?” (26 pak.. udah cocok nikah ya pak? hahaha (ngomporin) ) “iya cocok kali tu! Jangan lama2, tunggu apa lagi? adek tau kan.. bla bla bla” “yah, kita kan selaku keluarga saling mengingatkan” (betul pak.. (padahal nama bapak aja saya ga tau, bisa juga kita jadi keluarga)) “lagian kalo memang adek blom punya rencana, kebetulan saya lagi cari yang ke dua nih..” (halah.. HAHAHAHA permisi pak.. (#!%&^$*^@^&#%&&!!!)) see?ini budaya kita, sangat care dengan orang lain, punya ikatan persaudaraan a.k.a jiwa sosial yang tinggi (. . . ) kalo di luar negeri? Tingkat individual nya tinggi banget (kayanya). mind your own business!! Boro2 nanya umur apalagi status menikah, nanya nama aja ga boleh sembarangan kok..

Anyway itu sih benturan ringan, coba kalo adat udah bicara dalam penyelenggaraan pernikahan.. pasti lebih ribet lagi. tp yah Indonesia kan negara yang juga terkenal akan toleransinya.. jadi ga mungkin terlalu gimana2 lah.. udah ah cerita2nya. Cape. Indonesia Kaya Budaya? Betul sekali! Jadi mari kita hargai, kita cintai, dan kita banggakan bersama.. yuk mari.. MERDEKA! .

2 comments:

zacky said...

iya betul harus bangga produk indonesia...
coba cewe yg di iklan speedy itu pake mobil 'TIMOR' yah...

lalalalalalalaaaaaa...

Anonymous said...

hmmmm...ayi...lo ngeblog juga tach...pasti penasaran waktu lo ngeliput kenapa orang2 mo mecahin rekor ngeblog terbanyak kemaren yach....selamat...welcome to the real world.....

 


Design by: Blogger XML Skins | Distributed by: Blogger Templates