Sunday, August 24, 2008

just bReaking tHe ruleS

you know, dah hampir 3 tahun gw tinggal di kota medan ini. Hidup di tengah gelimangan makanan-makanan enak, orang-orang yang friendly-meski kadang gw ga ngerti kapan mereka Cuma sekedar ngobrol kapan mereka berantem, bahkan mulai belajar ngomong dengan gaya dan aksen mereka.. “acemana, cocok kaw rasa?” “cocok kali pun” “parbada kaw!”... loncatan yang lumayan drastis dari hidup di tengah budaya sunda yang banyak minta maaf, menunduk, dan senantiasa nampak selalu berbisik.. well anyway, dengan segala proses pengenalan dan adaptasi yang gw lakuin tadi, somehow gw masih blom bisa ngerti juga ‘kegemaran’ para pengemudi di sini, entah mobil, motor, becak, atau apapun yang beroda dan bermesin, dalam melanggar aturan berlalu lintas.


Di sini, traffic light a.k.a lampu lalu lintas, kayanya Cuma jadi sekedar penghias jalan atau aturan pelengkap yang sama sekali ga perlu dipatuhi. Ga semua sih, tapi saaaaangggaaaattt banyak diantara mereka yang punya habit kaya gitu. Entah itu bapak2, ibu2, tukang angkot, pejabat, cewe, cowo, cantik, ganteng, jelek, ingusan, segala macem type, semua sama! Ga ada yanga mau patuh sama itu tiang lampu tiga warna. Apa sih masalahnya??? Yang rada sopan dikit paling masih mau basa basi tengok kanan kiri. Yang dah ngerasa punya jalanan?ngeloyor aja. Entah sudah berapa kali juga gw di klaksonin sama mobil belakang, Cuma karena gw setia nunggu perubahan warna lampu lalu lintas. Gw sampe mikir, apa ini emang ada aturan lurus jalan terus? Atau lampu rusak jadi senantiasa merah dan gw ga tau? Ternyata nggak.. yang belakang nglakson, Cuma dengan satu makna “maju kaw! Tunggu apa lagi??!”. Itulah sebabnya, gw seringkali emosi kalo nyetir. Ga jarang gw suka berusaha banget ngejar mobil yang udah nerobos lampu merah, Cuma buat nunjukkin bahwa “meski lo duluan, lo ga jadi lebih cepet dr gw”. So??? Maksudnya, bukan gw sok mau patuh aturan. Cuma ini masalahnya keselamatan nyawa. Ga Cuma nyawa si penerobos lampu merah, tapi juga menyangkut keselamatan orang lain. Merugikan banget kan? Kemana pikiran orang2 ini?? Beberapa waktu lalu, gw pernah sedikit ngebahas hal ini dengan temen. Tau jawabannya? “Itu namanya kreatif dalam mengemudi yi” tp menurut gw itu ga kreatif sama sekali. Sekali lagi, apa mereka ga nyadarin resikonya?bahkan yang keterlaluannya, kadang si penerobos ini pake acara ngebonceng anak2 yang masih kecil. Shame on them. Really. Gw ga suka bgt dengan mereka.

but u know what? Baru sore tadi di perempatan jalan raya utama kota, gw diberentiin polisi, yang dengan segera minta surat-surat keterangan gw. Dan gini nih pembicaraan kita :

Polisi : ibu tau kesalahan ibu apa?

Gw : apa pak?

P : Ibu udah menerobos lampu merah. Tuh mobil sebelah ibu dah berenti. Makanya bu, jangan nge gas terlalu dalam

G : (he must be kidding me!) yang bener aja pak, jelas2 saya liat masih ijo kok..

P : kalo diliat dari jarak lima meter emang ijo bu (pelecehan!), kalo dah deket dah jadi merah. Emang ibu ga liat? Kan mobil sebelah ibu berenti. Saya sama rekan juga ngeliat lampunya udah merah

G : (dikata gw buta warna??) pas saya di depan lampu merah itu, lampunya masih ijo pak. lagian ngapain saya ngeliatin mobil orang?kan saya ngeliatin lampu lalu lintasnya?! (polisi yang aneh..)

P : ya udah lah bu, selesain di pengadilan aja. Kalo di sini ga selesai2.

G : oh ya udah silahkan

P : yang mana yang mau saya tilang? (sambil nunjukkin SIM dan STNK gw)

G : lho?!! Ya terserah aja mau nilang yang mana!

P : terserah?

G : iya terserah. Tp asal bapak tau ya, saya ga melanggar lampu merah, dan dari sekian orang yang selalu nerobos lampu merah, saya ga pernah ikutan melanggar lampu merah. Jadi tolong hargai saya, jangan nuduh yang kaya gini! (sok berani, padahal.. entah kenapa ya polisi selalu memberikan efek menakutkan.. seolah kita pasti jadi bermasalah kalo ada mereka)

P : semua yang mau ditilang juga ngomong kaya gitu..

G : EH Pak! saya jangan disama2in gitu ya! (bukaaannn.. maksudnya bukan minta di spesialin sama tuh polisi.. halah) Kalo saya bilang saya ga melanggar artinya saya ga melanggar. Kalo masih mau nilang, ya terserah!

P : jadi ibu ga ngerasa melanggar??!

G : NGGAK.

P : ya udah nih.. (mulangin STNK dan SIM)

G : (bingung) ... ya udah juga, makasih atas kepercayaan bapak! (masih sok nyolot.. biar ga ketauan groginya..)

Hhh.. entah ya, mungkin karena dia polisi yang masih cukup muda.. jadi rada gengsi juga mau ngotot2an.. atau mungkin dia ngeliat gw yang keukeuh ga peduli ditilang dan ga ada niat mau damai di TKP.. atau mungkin juga dia Cuma pusing, niat mau nilang kok malah kena omel.. atau mungkin dia juga khawatir ngeliat tampang gw yang udah di ambang histeria.. i dont give a damn care lah. Bukan masalah siapa yang menang atau apa.. tp yang penting semua dah selesai. Dan somehow, meski dengan suara yang sedikit pecah gemetar akibat marah, takut dan bingung.. pada akhirnya ada juga rasa bangga karena bisa bela diri sendiri untuk sesuatu yang diyakini benar..

Tapi tetep yah.. di luar sana, para penerobos lampu merah masih berkeliaran. Breaking the rules. Sibuk nyari celah yang bisa dilalui. Entah apa yang dikejar.. uang kah?seseorang kah?janji kah? Waktu kah? Kebelet kah? Only God knows.. just becareful dude.. atas keselamatanmu, dan orang lain..
.

6 comments:

zacky said...

hahahahahaha....
kok kejadiannyo mirip ye...




-------------------------------------
brainwashed by ur company???
DONT BE!!!

uy@k said...
This comment has been removed by the author.
uy@k said...

yi... itu mah, kamu salah ngartiin lampu jalan...
di medan tuh lampu merah untuk jalan, lampu hijau untuk berenti.. coba aja tanya supir angkot :)

Anonymous said...

yiii, kok gw ngerasa dejavu ya.....

Anonymous said...

pernah denger ungkapan: gunung (yg tinggi) disana itu ada untuk didaki dan ditaklukkan. atau versi ekstrimnya: cewe cakep itu ada untuk ditaklukkan (hatinya) .. hehe
well, jadi kata orang medan itu, lampu merah itu ada untuk dilanggar .. wkkk .. gubrak

Unknown said...

haloo..met kenal ya..saya temennya mas rahmat..kunjungi blog saya ya..www.aprianisari.blogspot.com

 


Design by: Blogger XML Skins | Distributed by: Blogger Templates